Kencan Pancake

Pancake Kumel (keju karamel) buatan adekku :)

Pancake Kumel (keju karamel) buatan adek πŸ™‚

Katakanlah aku ini norak, ndeso, katrok atau apapun yang sejenis itu, tapi pertama kalinya aku makan pancake adalah tahun 2011 πŸ˜€

Sebelumnya memang sudah sering mendengar menu sarapan satu ini (meskipun kalo buat kita jadinya camilan ya, bukan sekedar sarapan). Tapi dulu, tempat-tempat makan di Yogyakarta yang menawarkan pancake rasanya masih jarang. Jadi, tiap liat gambarnya, cuma bisa merem-melek sambil menebak-nebak rasanya seperti apa, hehehe… Kasian amat!

Pertama kalinya makan pancake di Cafe Rodeo. Makanan inilah yang kumakan waktu suamiku “nembak”, hahaha… Dan rasanya sungguh-sungguh mengecewakan. Adonan terigu-telur-nya kerasa ga “nyatu”. Bentuknya juga agak kempes, ga ngembang. Toppingnya cuma lelehan cokelat blok aja. Bikin ga selera. Atau… apa ini gara-gara aku jadi grogi karena tiba-tiba diajak merit yah? Hahaha…

Maka, setelah merit, rasanya koq dendam kesumat, pengen nyobain pancake yang enak. Jadilah kami ‘kencan pancake’ lagi di Mr. Pancake Amplaz. Yang ini jelas te-o-pe deh. Kenyang dan enak! Sebenarnya penasaran sama Pancious. Tapi, entah kapan bisa mampir ke sini… Cuma ada di Jakarta, ya?

So, karena aku jadi ketagihan, mulai deh kasak-kusuk sama si Mbah Gugel. Dapat beberapa resep, tapi baru nyobain satu. Dan alhamdulillah, meskipun bikinnya gampang banget (bahkan takarannya cuman pake sendok), tapi hasilnya enak. Mau aku posting tapi belom izin sama yang punya blognya πŸ˜€

Dan saking gampangnya bikin pancake, adek iparku yang cowok, yang dulunya jarang ke dapur, bisa bikin juga. Bahkan, dia sempet jualan di kafe punya temennya. Foto di atas adalah salah satu hasil kreasinya yang paling sederhana. Cuma dia bikinnya agak ribet, melibatkan mixer dan timbangan. Toppingnya keju cheddar parut dan saus karamel. Enyak!

Jadi, siapapun (ternyata) bisa menikmati pancake. Cuma dikasih topping es krim, ditaburin coklat meises atau selai aja udah sip banget. Apalagi kalo masak dan makannya berdua sama suami, mmmmh… Nikmatnya dunia! Hehehe… *kompor buat yang masih jomblo.

Btw, masih penasaran sama topping sirop maple (beli siropnya di mana siiih?)

Advertisements

11 thoughts on “Kencan Pancake

  1. ahahahahha…ini makanan emang gampang tapi agak sedikit tricky memang. btw, pancious emang enak dan mahal tapi puas lah. aku pernah makan di tahun 2010-an kalok gak salah.
    ahh midaaaa…bagian -makannya bersama suami- itu bikin pengen gigit-gigit jari deh πŸ˜€

    Nah, komenmu bagian pancious yang gantian bikin aku gigit jari, hehe… Tenang aja saaayyy, insya Allah semua indah pada waktunya, termasuk waktu nikmat makan berdua sama suamimu nanti, amiiiin…

  2. Midaaaa…
    tenang ajah..di indomaret ada kok tepung yang tinggal di kasih air doang terus jadi pancake deh…ajaib banget emang tuh Indomaret…hihihi…

    tapi sampe sejauh ini sih masih lebih suka cilok dari pada pancake mah…hihihi…

    Teh Erry emang cerdas, hahaha… Bisa aja nemu yang ajaib-ajaib gituh… Btw, cilok sama pancake mah beda jurusan atuhhhh…

  3. aaahhh udah lama banget ga kesini… haha.. mbak pasti udah punya anak.. soalnya terakhir aq ksini cerita udah nikah gtu πŸ˜€ jadi apa hubungannya pancake ma anak? πŸ˜€

    Hubungan pancake sama anak? Apa ya? Apa yaaaa? *mikir ampe ketiduran… πŸ˜€

  4. iya ada lho yang pancake instan…, anak2 nggak doyan jadi nggak pernah buat lagi deh Mida

    Hehehe… Namanya juga selera, ya, Bunda… Untuk kue, saya sih jarang beli yg instan, soalnya kalo dihitung-hitung jadi lebih mahal, hehe…

  5. ..
    aku tambahin sedikit tips ya..
    adonanya ditambahin 1 sendok olive oil, kalau gak ada minyak goreng jg gakpapa, asal bukan minyak bekas goreng ikan asin.. hehe..
    manfaat bikin tambah lembut, dan gak bikin cepet gosong..
    ..
    topingnya pake madu atau corn syrup jg maknyuss..

    salam hangat dari Jakal km9
    -AtA-

    Oooo… gitu ya, Chef?
    Ntar nyilok olive oil sama corn syrup ah, di dapur Caty’s House, hihihi… #dikeplak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s